Hujan Bulan Juni

Senin, 1 Juni 2020
Hujan membawa kesejukan, kedamaian, ketenangan. Anginnya menyapu wajah, segar. Bau tanah khas saat hujan dapat menenangkan pikiran. Suara merdu gemericik air yang jatuh dari langit dapat membawa kedamaian. Itulah yang ku rasakan saat hujan, dan aku sangat menyukainya.
Paling enak saat hujan duduk di beranda rumah sendirian sambil mendengarkan musik piano dan memikirkan segala hal yang sudah atau akan terjadi. Termenung jadi aktivitas kesukaan bila hujan turun. Rasanya sangat menyenangkan, berbeda dengan aktivitas lain yang sering dilakukan.
Hujan jadi waktu yang pas dikala kesedihan datang. Kita tidak perlu mengeluarkan air mata, karena langit juga turut bersedih hingga menurunkan hujan. Kita tidak perlu berlarut dalam kesedihan, karena hujan akan menghapus semua kesedihan itu. Seperti yang ku rasakan hari ini saat berita itu sampai ke telingaku masuk melalui saluran pendengaran yang diterjemahkan oleh otak sebagai suatu kesedihan. Ingin rasanya menangis dan meneriakkan kepada dunia, tolong jangan ditunda! Tapi tidak bisa.
Pasrah. Hanya itu yang bisa ku lakukan. Dunia dan segala isinya ini tidak bisa ku atur sesuai keinginanku. Aku pun mau tidak mau harus menunggu saat itu lagi. Saat itu merupakan saat yang sangat penting bagiku, karena akhirnya aku dapat membuktikan pada dunia bahwa aku juga bisa seperti mereka.
Aku hanya mengingat 1 ayat ajaib ini saat ketetapan yang Allah berikan tak sesuai dengan harapanku

كُتِبَ عَلَيْکُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّـكُمْ ۚ  وَعَسٰۤى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْــئًا وَّهُوَ خَيْرٌ لَّـکُمْ ۚ  وَعَسٰۤى اَنْ تُحِبُّوْا شَيْــئًا وَّهُوَ شَرٌّ لَّـكُمْ ۗ  وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْـتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ

"Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 216)

Rasanya ayat ini sangat pas dengan apa yang ku rasakan. Sangat menyentuh. Ajaib. Benar-benar mukjizat yang nyata.

Tak lama setelah berhasil mencerna berita itu, hujan pun turun ke bumi membasahi tanah yang kering, menyejukkan udara yang panas. Ya, itulah hujan bulan juni.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

40 Hari bercerita: Hari Pertama KKN

Throw back to 2011

The Secret